Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Internet Up To Dan Dedicated



Pengertian Internet Up To Dan Dedicated Halo sobat blogger..!! Saat ini kebutuhan akan jaringan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kita, baik yang bekerja di kantoran, bisnis online, selebgram ataupun yang hanya sekedar berselancar melihat-lihat informasi melalui web browser.

Namun pernahkah sobat mengetahui layanan internet yang sedang sobat gunakan masuk pada kategori Up To atau Dedicated? mungkin bagi kita yang menggunakan internet dengan mengandalkan kuota paket data tidak akan pernah mempermasalahkan hal tersebut.

Namun bagi kita yang berlangganan internet perbulan di rumah, pasti akan pernah merasakan yang namanya lemot alias lelet dan kitapun akan mengajukan komplain ke penyedia jasa internet tempat kita berlangganan.

Nah sebelum berlangganan internet bulanan untuk rumah, ada baiknya kita mengetahui dengan bertanya kepada penyedia internet tempat kita akan berlangganan mengenai layanan yang akan diberikan kepada kita nantinya, kenapa perlu? agar kita tidak merasa tertipu dikemudian hari hehe..

Baiklah, pada artikel ini saya akan coba menjelaskan mengenai layanan internet yang bisanya ditawarkan oleh sebuah perusahaan jasa internet (ISP).

Secara garis besar, setiap ISP memiliki 2 layanan internet yang akan ditawarkan kepada calon pelanggan, yaitu internet Up To dan internet Dedicated.

Pengertian Internet Up To Dan Dedicated

1. Internet Up To

Dari segi bahasa pengertian dari Up To adalah "hingga" yang kalau kita pahami dengan bahasa sederhana sama dengan sampai. Artinya kita ditawarkan layanan internet dengan bandwidth (lebih dikenal kecepatan) hingga batas maksimal yang tertera pada paket layanan.

Contohnya begini:

Kita akan berlangganan internet dengan ISP A, maka kita akan bertanya jenis paket yang tersedia untuk rumahan. Biasanya si sales dari ISP A akan menawarkan beberapa paket layanan Up To, mulai dari Up To 5 Mbps, 10 Mbps, 20 Mbps dan seterusnya.

Oke kita fix akan berlangganan yang Up To 10 Mbps. Maka hal yang harus kita tanyakan lagi adalah layanan internet Up To 10 Mbps tersebut akan digunakan berpa pelanggan yang berbeda? ini sering disebut dengan 1 banding berapa?

Maka jika si sales ISP A tersebut misalkan menjawab 1 banding 10, maka pemahamannya adalah selain kita masih ada 9 pelanggan lain yang akan berbagi bandwidth dengan kita dari 10 Mbps tersebut.

Jadi, jika kita dan 9 pelanggan lainnya sama-sama menggunakan internet Up To 10 Mbps tersebut dengan maksimal maka bandwidth (kecepatan) yang akan kita dapat adalah 1 Mbps. Namun jika ada 1 atau 2 pelanggan yang tidak menggunakan internetnya maka jatah bandwidth yang seharunya mereka gunakan akan kita bagi rata dengan pelanggan yang lainnya yang sedang menggunakan.

Internet Up To ini juga sering disebut dengan istilah "bandwidth sharing". Banyak yang merasa tertipu saat berlangganan internet Up To dikarenakan tidak paham dengan layanan Up To itu sendiri dan tidak pula mau bertanya saat akan berlangganan.

Kseimpulannya adalah bahwa internet Up To itu adalah internet sharing bandwidth atau berbagi bandwidth dengan beberapa pelanggan yang berada pada satu kelompok yang sama sesuai dengan ketentuan dari ISP.

2. Internet Dedicated

Berbeda dengan internet Up To, internet Dedicated hanya murni kita yang menggunakan bandwidth yang kita sewa (langganan). Biasanya internet jenis Dedicated banyak digunakan di perkantoran karena memang harganya juga yang jauh lebih mahal dari internet jenis Up To.

Kok bisa lebih mahal? karena jika kita berlangganan internet Dedicated kita diberi jaminan oleh ISP untuk selalu mendapatkan full bandwidth sesuai dengan paket yang kita pilih saat berlangganan.

Misalnya kita berlangganan internet Dedicated 10 Mbps ke ISP A, maka kapanpun kita menggunakannya maka kecepatan yang akan kita dapatkan full 10 Mbps tanpa dibagi dengan pelanggan lainnya.

Kita juga bisa membuktikannya dengan melakukan speedtes untuk memastikan apakah bandwidth yang kita sewa sudah betul dapat 10 Mbps atau belum, jika belum mencapai 10 Mbps maka kita bisa melakukan komplain untuk dilakukan pengecekan oleh ISP A.

Untuk internet Dedicated ktia tidak perlu bertanya 1 banding berapa saat akan berlangganan, karena memang internet Dedicated disediakan khusus hanya untuk 1 pelanggan per jumlah bandwidth yang disewa.

Pertanyaannya adalah apakah rumahan bisa berlangganan internet Dedicated? jawabannya adalah bisa asal isi dompet tebal untuk membayar setiap bulan, hehe...

Demikian pengertian tentang internet Up To dan internet Dedicated, semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang layanan internet yang ada di pasaran ISP. Jika sobat masih kurang paham bisa tinggalkan komentar, terimakasih.