Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Switch Pada Jaringan Komputer


Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Switch Pada Jaringan KomputerSwitch adalah salah satu perangkat yang memiliki peran penting dalam jaringan komputer baik pada jaringan komputer skala kecil terlebih pada jaringan komputer dengan skala yang besar seperti internet service provider.

Switch sangat erat hubungannya dengan jaringan komputer, tanpa switch kita akan kesulitan untuk menyalurkan jaringan pada setiap host (komputer) yang membutuhkan koneksi antara satu host dengan host lainnya.

Saat ini sudah banyak produsen perangkat elektronik yang berlomba-lomba memproduksi switch dengan berbagi tipe dan kelebihan.

Saat ini banyak switch yang beredar dipasaran, ada yang bekerja pada layer 2 dan ada yang bekerja pada layer 3 lapisan OSI.

Kita hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan jaringan yang akan dibangun maka dengan mudah kita akan mendapatkan jenis switch yang cocok.


Dengan pesatnya perkembangan industri Telekomunikasi, maka saat ini sudah ada jenis switch yang bisa di konfigurasi (manageable).

Switch jenis ini juga sering disebut dengan switch Layer 3 (L3) karena kemampuannya yang sudah hampir sama dengan perangkat Layer 3 (Router).

Apa sebenarnya switch itu?


Kita pasti sudah pasti sering mendengar kata switch. Namun saya yakin tidak semua kita mengetahui apa sebenarnya switch itu dan bagaimana switch tersebut bekerja pada sebuah jaringan komputer.

Switch adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat jaringan (host) agar bisa saling bertukar informasi.

Switch biasanya terhubung langsung dengan Modem internet, bisa juga terhubung dengan Router pada sebuah topologi jaringan.

Pada jaringan lokal area network (LAN) switch bisa difungsikan untuk menghubungkan semua perangkat host (komputer, printer, cctv dan lain-lain) agar bisa saling terhubung dalam satu segmen ip address tanpa menggunakan jaringan internet.


Pada kondisi tertentu, mungkin kita akan mendengar orang menyebut istilah Switch HUB. Istilah ini ditujukan pada switch biasa yang tidak bisa di konfigurasi (unmanageable).

Fungsi switch


Pada jaringan komputer switch berfungsi untuk meneruskan paket data yang diterima dari satu host (pc/komputer) ke host yang dituju berdasarkan alamat MAC yang ada.

Switch juga berfungsi sebagai penguat sinyal pada sebuah topologi jaringan komputer. Jika antara 1 hop dengan hop berikutnya terlalu jauh maka kita bisa menambahkan switch ditengah hop tersebut agar sinyal yang ditransfer tetap maksimal.

Jenis-jenis switch


Merujuk pada sistem komunikasi data standar OSI Layer maka secara umum switch bisa di kelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu: Switch layer 2 (unmanageable) dan Switch layer 3 (manageable).

Sedangkan jika dilihat dari tipe dan fokus penggunaannya, maka switch di terbagi pada bebe

  • Ethernet switch



Ethernet switch adalah jenis switch yang paling umum dan sering kita jumpai.

Switch tipe ini pada umumnya menggunakan konektor RJ45 untuk terhubung dengan perangkat host (pc/komputer), namun saat ini ethernet switch layer 3 sudah mendukung konektor tipe SFP.

  • ATM switch




ATM (Asynchronous Transfer Mode) merupakan teknologi jaringan lapisan 2 OSI yang bisa digunakan oleh siapa saja dengan sistem pengalamatan yang rapi sehingga setiap perangkat bisa memiliki identitas yang unik di dalam jaringan.

Switch ATM berkomunikasi dalam bentuk cells, sehingga paket dalam bentuk digital voice, video dan data disampaikan dalam fixed lenght (53-byte) cells.

Switch ATM dirancang untuk transmisi media berkecepatan tinggi seperti E3, SONET dan T3.

  • ISDN switch

ISDN (Integrated Services Digital Network) juga dikenal dengan istilah frame relay over ISDN biasanya terdapat pada sebuah Internet Service Provider (ISP). ISDN menggunakan interface ISDN Card atau ISDN Router.

  • DSLAM switch

DSLAM (A Digital Subscriber Line Access Multiplexer) memungkinkan line telepon membuat koneksi cepat ke internet.

DSLAM terletak di bursa telepon penyedia layanan yang menghubungkan beberapa pelanggan DSLs dengan kecepatan backbone tinggi menggunakan teknik Multiplexing.

Bagaimana cara kerja switch pada jaringan komputer?


Pada dasarnya switch bekerja pada lapisan Data Link yang merupakan lapisan ke 2 dalam susunan OSI Layer.

  • Pada saat switch menerima paket data dari satu host, maka switch akan membroadcast paket data tersebut ke semua port switch untuk mengetahui host tujuan dari paket data tersebut.
  • Setiap host (pc/komputer) yang menerima broadcast dari switch akan memberikan respon "ya" atau "tidak".
  • Maka pada kondisi ini switch akan mencatat alamat MAC masing-masing host dan meneruskan paket ke host yang memberikan respon "ya".
  • melakukan analisa terhadap paket data tersebut untuk memastikan bahwa paket yang diterima tidak ada kerusakan.
  • Pada proses menerima dan meneruskan paket data pertama, switch akan melakukan pembacaan dan pencatatan alamat MAC host yang sedang melakukan komunikasi dan menyimpannya pada tabel MAC.
  • Kemudian jika ada komunikasi data berikutnya maka switch akan langsung meneruskan paket yang diterima secara langsung ke tujuan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja switch pada jaringan komputer, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan kita bersama. 

Salam..
serpengetahuan