Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyembunyikan Form Kontak Bawaan Blogger



Blogger saat ini sudah menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan bagi sebagian orang yang menekuninya, baik ditekuni sebagai sumber penghasilan tambahan ataupun sebagai sumber penghasilan utama.

Meskipun saat ini blog sudah mulai naik daun seperti youtube, tapi tidak semua orang yang main blog langsung bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti yang di hayalkan.

Tentu ada persyaratan yang harus dilengkapi jika ingin blog yang dijalankan bisa memberikan penghasilan setiap bulannya, salah satunya adalah adanya form kontak.

Oh iya sumber penghasilan yang saya bahas disini adalah dengan mendaftar sebagai publisher di Google Adsense ya.

Salah satu syarat yang sering di gadang-gadang menjadi penyebab diterima menjadi publisher di Google Adsense adalah adanya form Kontak atau Kontak US.

Meskipun sebenarnya sampai saat ini saya belum menemukan pernyataan pasti dari Google mengenai form kontak menjadi syarat wajib untuk diterima jadi publisher Adsense.

Namun kita sebagai pemain blog ada baiknya tetap memasang form kontak agar pembaca yang berkunjung di blog kita bisa berinteraksi dengan kita sebagai pemilik blog.

Untuk membuat form kontak di blog sebenarnya tidaklah sulit, karena blog sudah menyediakan widget standar yang bisa kita klik saja dan form kontak sudah jadi.

Namun artikel ini tidak membahas mengenai cara membuat form kotak, melainkan membahas tentang cara menyembunyikan form kontak bawaan blogger.

Kenapa form kontak bawaan harus di sembunyikan? Biasanya karena si pemilik blog membuat form kontak statis menggunakan CSS agar tampilannya lebih menarik.

Kenapa tidak dihapus saja? Terkadang form kontak statis CSS yang dibuat tidak berfungsi jika form kontak bawaan blog dihapus, inilah alasan mengapa lebih baik disembunyikan saja.

Cara Menyembunyikan Form Kontak Bawaan Blogger

Untuk menyembunyikan widget form kontak bawaan blog, kita perlu menambahkan script pada HTML blog, langkah-langkahnya :
  • Login ke blog anda
  • Klik Tema/Theme > Edit HTML



  • Cari kode ]]></b:skin>, Untuk mempermudah pencarian, gunakan fitur pencarian dengan menekan tombol Ctlr+F keyboard. Jika sudah ketemu, copy script dibawah ini :

#ContactForm1 {display:none}

  • Paste tepat diatas kode ]]></b:skin> tersebut, kemudian Save.

Selanjutnya cek kembali tampilan blog anda apakah form kontak bawaan blog yang berada di sidebar ataupun di footer sudah hilang atau belum.

Pada blog serpengetahuan ini langkah-langkah diatas sudah berhasil menyembunyikan form kontak bawaan blog dan saya ganti dengan form kontak statis yang ada di barisan menu navigasi atas.




Note:

Setelah menyembunyikan form kontak bawaan blog, jangan lupa untuk mencoba form kontak statis yang anda buat dan pastikan berfungsi dengan baik.

Demikian cara menyembunyikan form kontak bawaan blogger yang dapat anda coba praktekkan, semoga membantu dan selamat mencoba.