Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Membuat Website Bagus dan Menarik? Ini 3 Hal Yang Harus Kamu Tahu


Saat ini, membuat sebuah website untuk keperluan bisnis sudah menjadi sebuah kebutuhan, karena memang berbisnis dengan memanfaatkan kecanggihan dunia digital merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat untuk mendapatkan banyak konsumen.

Sayangnya, banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat websitenya. Nah, karena itu, kali ini kami akan memberikan gambaran umum istilah seputar website.


Hal ini berguna untuk mempermudah kamu ketika akan membangun website untuk berbagai keperluan, bisnis misalnya.

Ada beberapa istilah seputar website yang paling umum, yaitu server, hosting, dan juga domain. Semua istilah seputar website tersebut akan terus kamu temui mulai dari proses pembuatan sampai ketika mengelolanya.

Jadi, apa sebenarnya perbedaan istilah seputar website tersebut?

3 Istilah Seputar Website

1. Domain

Istilah pertama adalah domain. Domain merupakan sebuah nama resmi yang memang telah dibuat dan dirancang oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Jika diibaratkan secara sederhana, maka website yang akan kamu bangun adalah rumahnya, dan domainnya adalah alamat lengkapnya.

Domain bisa kamu dapatkan dengan mengeluarakn sejumlah uang, dan hanya bisa disewa per tahunnya. Ketika ingin memperpanjang, maka kamu harus menghubungi lagi tempat penyedia domain yang sudah kamu gunakan.

Sudah banyak kok perusahaan-perusahaan yang menyediakan pembuatan domain dengan harga ramah kantong.

Domain memiliki fungsi sebagai alat mengidentifikasi website yang kamu gunakan tanpa harus repot mengecek kembali alamat IP websitenya.

2. Hosting

Istilah seputar website yang kedua adalah hosting. Hosting adalah sebuah tempat yang berfunsgi sebagai penyimpanan semua data-data kamu yang ada di website.

Jadi, agar semua data yang ada di website kamu dapat tersimpan dengan baik, itu artinya kamu harus menyewa hosting. Baik itu untuk penyimpanan tulisan, audio, file, video, dan sebagainya.

Sudah banyak sekali jasa penyedia hosting dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa menelusurinya di mesin pencarian.

3. Server

Istilah seputar website yang terakhir adalah server. Jadi, server meurpakan sistem di computer yang telah menyediakan layanan khusus di dalam satu jaringan yang berfunsgi untuk mengontrol akses agar bisa masuk ke jaringan.

Singkatnya, server memiliki tugas untuk menangani semua permintaan para klien. Yang bertindak sebagai klien di sini ialah kamu.

Ya, ketika kamu mengakses berbagai keperluan di internet melalui google, yahoo, bing, dan sebagainya, maka kemudian, server yang akan mengirimkan berbagai informasi ke perangkat yang kamu gunakan, sesuai dengan yang telah kamu cari.

Agar lebih mudah dipahami, berikut kami berikan beberapa list fungsi server.
  • Server bertanggug jawab untuk melindungi perangkat kamu.
  • Bertanggung jawab dan melayani semua hal yang terkait dengan permintaan data.
  • Menyimpan semua file serta data yang kamu miliki agar bisa diakses orang lain dengan memakai protocol FTP.
  • Adanya pengaturan hak untuk mengakses ke sebuah jaringan, sehingga hanya klien tertentu yang bisa mengakses file atau data di server.
Jadi, istilah di atas sangat penting untuk kamu pahami ya. Jika sudah, kamu harus terus mengingat tempat di mana kamu menyimpan berbagai data, karena jika sudah memiliki domain, ada proses lain yang harus kamu lakukan, seperti mendaftarkannya ke hosting supaya website kamu bisa terbit.

Tapi, usahakan untuk memilih penyedia jasa hosting yang sudah terpercaya, dan akses kecepatan serta keamanannya terjamin, karena jika tidak, tentu ini akan menyita waktu kamu dan menimbulkan kerepotan atau masalah di website kamu.

Carilah jasa hosting yang memang siap mengontrol semua keluhan pelanggannya selama 24 jam. Itulah 3 istilah penting seputar website yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat.