Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Konten SEO Agar Berada Di Page One Google


Bagi seorang blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blog, tentu sudah tidak asing dengan berbagai istilah seputar blog, misalnya template, plugin, ataupun SEO.

Yap, karena memang semua istilah-istilah tersebut cukup penting untuk menunjang kemajuan blog yang dikelola. Dan salah satu yang paling penting adalah mengoptimalkan penggunaan SEO.


Kalau kamu baru saja terjun di dunia blogger, tentu masih merasa asing dengan SEO, apalagi cara memaksimalkan penggunaan SEO nya.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dibahas singkat dan jelas mengenai SEO, dan memaksimalkan penggunaan SEO.

Memaksimalkan Yoast SEO pada PostinganApa sih SEO itu? Sebelum mengetahui cara memaksimalkan penggunaan SEO, hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengetahui pengertian SEO.

Jadi, SEO merupakan singkatan ‘search engine optimization’, yang artinya pengoptimalan mesin pencarian.

SEO berfungsi untuk membuat artikel yang kamu post bisa muncul di google pencarian, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Hal ini karena tulisan yang kamu buat akan ditinjau terlebih dahulu oleh mesin google, dan ditentukan, apakah tulisan kamu layak ditampilkan pada halaman pertama pencarian.

Jadi, untuk meningkatkan performa blog atau website yang kamu kelola, tentu kamu perlu mengoptimalkan penggunaan SEO.

Mengoptimalkan Penggunaan SEO Pada Sebuah Artikel

Nah, setelah mengetahui apa itu SEO, kamu baru bisa mulai mengoptimalkan penggunaan SEO nya pada semua postingan kamu. Caranya sangat mudah, Pertama, tentu kamu harus mengunduh dulu Yoast SEO di blog kamu.

Kamu bisa mengunduhnya melalui plugin. Jika sudah, maka kamu sudah bisa mulai mengoptimalkan penggunaannya agar bisa bersaing dengan artikel lain.

Yoast SEO memberikan akses yang sangat mudah, karena kamu bisa langsung melihat semua analysisnya, dan langsung memperbaikinya jika ada yang kurang tepat.

Buatlah sebuah Keyword


Kamu bisa langsung menuju kolom yang letaknya lumayan bawah, namanya adalah ‘kolom keyword’. Masukkan keyword yang sudah kamu tentukan. Jangan menggunakan keyword lebih dari 4 ya.

Memasukkan DeskripsiKamu bisa langsung mengklik ‘edit snippet’ dan memasukkan deskripsi yang menggambarkan isi dari artikel yang akan kamu publish.

Jangan lupa untuk memasukkan kalimat yang mengandung keyword. Pastikan juga, bahwa slug artikel kamu mengandung kata kunci. Jika tidak ada, kamu bisa mengubah slug yang ada keywordnya.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa keyword density, yang ada di bagian bawah kolom deskripsi singkatnya berwarna hijau.

Begitupun bagian yang lainnya, karena dalam Yoast SEO, warna hijau merupakan tanda bahwa tulisan kamu memenuhi kriteria untuk bersaing tampil di halaman utama.

Masukkan Internal dan Eksternal Link

Agar artikel kamu bisa memenuhi permintaan SEO, maka kamu juga harus memasukkan internal dan eksternal link. Cara memasukkannya cukup mudah, kamu bisa langsung ke kolom tulisannya. Nah, pada bagian menu di atas, kamu bisa mencari sebuah ikon untuk menyisipkan linknya.

Sisipkan Gambar

Setelah menyisipkan gambar, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih agar analysis SEO pada gambarnya bisa hijau. Yakni, kamu bisa memasukkan keyword artikel kamu pada bagian alt gambarnya.

Masukkan Keyword Minimal Pada Satu Subjudul H2/H3

Selain dapat memperindah tampilan, memasukkan keyword pada sub judul juga bisa membuat artikel kamu mendapatkan warna hijau di analysisnya.

Caranya, masukkan paling tidak satu keyword di subjudul postingan kamu. Kemudian, di bagian alternative text kamu bisa memasukkan keywordnya lagi.

Demikian cara mengoptimalkan penggunaan SEO, semoga kamu bisa menerapkannya pada saat akan memposting sebuah artikel di blog atau website.

Kalau sudah dioptimasi seperti langkah-langkah di atas, tenang saja, karena website kamu dapat bersaing dengan website lain loh. Semoga bermanfaat.