Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Mudah Melindungi Artikel Blog Dari Copy Paste


Trik Mudah Melindungi Artikel Blog Dari Copy Paste - Copy Paste adalah dua kata yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, dan mungkin anda juga pernah melakukannya.

Bagi seorang blogger, kegiatan atau kebiasaan Copy Paste ini adakalanya menjadi sebuah masalah yang harus dicegah dengan baik.

Saya yakin ketika anda mencari dan membaca artikel ini juga karena ingin karya anda, yang sudah susah payah dibuat tidak sembarangan dengan gampang di Copy Paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan malas.

Apakah dengan trik yang dibagikan pada blog ini maka artikel akan aman dari pencurian alias Copy Paste orang-orang malas?

Jawabannya tidak aman 100%, itulah mengapa sebelumnya saya mengatakan tidak sembarangan dengan gampang untuk Copy Paste karena memang ada saja cara yang akan dilakukan untuk tetap bisa melakukan copy paste.

Trik ini hanyalah langkah awal untuk antisipasi, karena dengan trik ini maka si tukang copy paste akan bekerja 2 kali bahkan lebih jika tetap ngotot untuk copas artikel anda.

Jika masih ada orang yang masih ngotot untuk tetap copy paste artikel anda meskipun sudah menerapkan trik ini, maka langkah yang harus anda ambil adalah melaporkannya ke pihak DMCA atau Digital Millennium Copyright Act.
Apa ruginya kalau artikel kita di Copy Paste? Kerugian yang besar dan fatal tentunya tidak ada, tapi rasa jengkel pasti akan timbul dan juga bisa berpengaruh pada performa blog anda karena google pasti akan menemukan banyak artikel yang sama pada blog yang berbeda.

Mirisnya lagi, terkadang malah blog si tukang copas malah yang berada di page atas google, kan gimana gitu rasanya, kita yang sudah payah menyusun kata perkata eh malah tukang copas yang menikmati hasil maksimal.

Nah untuk itu, alangkah baiknya jika trik mudah ini anda terapkan pada blog masing-masing agar tukang copas lebih kerja ekstra untuk copas artkel yang anda buat.

Trik Agar Artikel Blog Terhindar Dari Copy Paste


Langkah-langkah untuk menerapkan trik ini adalah :
  • Login ke blog anda
  • Klik pada Tema/Theme > Edit HTML, seperti pada gambar dibawah :



Setelah halaman HTML terbuka, cari kode ]]></b:skin>, agar mempercepat pencarian tekan kombinasi tombol "Ctrl + F" secara bersamaan di keyboard agar fungsi kolom pencarian muncul, kemudian ketik ]]></b:skin> dan enter.

Kira-kira tampilannya seperti ini :


  • Copy scriptnya disini dan paste tepat diatas kode ]]></b:skin>
  • Save
Untuk memastikan script berfungsi dengan baik, silahkan buka salah satu artikel yang ada pada blog anda dan coba lakukan copy.

Jika anda mengikuti langkah-langkah yang ada diatas dengan benar, maka saat ini artikel anda sudah tidak bisa lagi di copy.

Demikian trik mudah melindungi artikel blog dari copy paste, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.