Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan IOS Router Cisco Ke GNS3


Grapic Network Simulator 3 (GNS3) merupakan salah satu aplikasi simulator yang sering digunakan dan paling populer dikalangan network engineer saat ini. Mengapa tidak, aplikasi simulator ini mendukung hampir semua perangkat yang digunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer, seperti cisco, juniper, mikrotik, server, windows, linux dan yang lainnya.

Bagi orang yang berkecimpung di dunia jaringan komputer, gns3 merupakan aplikasi wajib yang harus dimiliki. Mengapa demikian? Alasannya adalah :
  • Gns3 adalah aplikasi powerfull dalam melakukan simulator jaringan komputer. Konfigurasi yang dibangun bisa langsung diterapkan pada jaringan real.
  • Gns3 menggunakan sistem operasi asli dari perangkat jaringan, sehingga simulasi yang dilakukan benar-benar real dan bisa langsung terhubung dengan internet.
  • Gratis. Aplikasi ini bisa anda download secara gratis, sistem operasi dari perangkat jaringan berupa appliance yang tersedia juga gratis.
  • Fitur yang disediakan lengkap. Hampir semua yang dilakukan dalam membangun sebuah jaringan komputer real bisa dilakukan di aplikasi gns3 ini.

Tapi gns3 tidak langsung begitu saja bisa digunakan setelah di install, karena gns3 tidak bersifat include seperti cisco packet tracer. Anda harus terlebih dahulu menambahkan IOS atau appliance perangkat yang akan digunakan.

Jadi bagaimana cara menambahkan ios perangkat pada aplikasi gns3 tersebut? Tenang, artikel ini dibuat khusus untuk membahas hal tersebut.

Menambahkan Appliance (IOS) perangkat jaringan di gns3

Untuk menambahkan ios perangkat jaringan ke gns3, bisa dilakukan dengan dua cara atau metode. Pertama dengan menggunakan ios berupa "image" dari perangkat yang ingin di tambahkan. Kedua dengan menggunakan "appliances".

Anda harus memiliki salah satu atau kedua dari jenis ios tersebut, jika belum anda bisa mencarinya terlebih dahulu di google. Untuk appliances anda bisa mendownloadnya langsung di web resmi gns3 secara gratis.

Jika sudah, anda bisa lanjut untuk mulai menambahkannya pada gns3, langkah-langkahnya :

  • Menggunakan image

Buka aplikasi gns3, klik menu Edit > Preferences 


Kemudian pada Preferences, klik IOS routers > New, maka akan muncul pilihan lokasi server tempat kita akan menambahkan image router.



Pilih servernya, disini saya memilih Run this IOS router on my local computer, kemudian Next.

Selanjutnya kita akan diarahkan untuk memilih image router yang akan ditambahkan, pilih New Image > Browse, cari dimana sobat menyimpan image IOS routernya.

Tinggal klik Next saja sampai ke Network adapters, pada tahap ini, sobat tentukan jenis slot port/interface yang akan digunakan.



Finish, maka anda akan melihat status spesifikasi perangkat yang baru saja anda tambahkan, seperti pada gambar dibawah ini, terakhir klik OK.



Jika anda ingin menambahkan image ios lainnya, tinggal klik pada tab New dan ikuti seperti langkah-langkah diatas hingga selesai.

  • Menggunakan Appliances

Apliances adalah kumpulan IOS dari berbagai vendor perangkat jaringan yang menurut saya sangat lengkap, mulai dari router, switch, firewall, komputer, server bahkan browser (chrome, mozilla) yang sudah dibentuk sedemikian rupa agar dapat dijalankan pada aplikasi GNS3. 

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload appliance yang kita butuhkan. Setelah anda mendownload appliances perangkat jaringan yang diinginkan, saatnya untuk menambahkan ke gns3, langkah-langkahnya :

Klik pada File > Import applianace, kita akan langsung diarahkan untuk memilih file appliance yang akan di tambahkan, jika sudah klik Open seperti pada gambar.



Kita akan diarahkan untuk memilih lokasi (server) tempat appliance akan ditambahkan. Disini saya memilih GNS3 VM karena yang paling di rekomended untuk appliance.



Klik Next, kemudian klik pada salah satu versi yang di inginkan (jika muncul banyak versi) > Import, jika muncul pesan klik OK, jika berhasil maka akan muncul tanda "Ready to install" dan "Found on GNS3 VM (GNS3 VM)" seperti pada gambar.



Tips: 

Jika gagal melakukan Import image, silahkan klik pada Create a new version, kemudian Next saja sampai selesai.

Demikian cara menambahkan IOS router cisco ke aplikasi GNS3, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.