Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cisco Packet Tracer Tool


Cisco Packet Tracer adalah salah satu tools simulasi jaringan komputer yang paling umum digunakan dalam belajar jaringan. Packet tracer tool ini dirancang oleh cisco system untuk memudahkan dalam membuat topologi dan belajar konfigurasi perangkat cisco.


Packet tracer tool ini dibagikan secara gratis oleh cisco, anda bisa mendownloadnya melalaui website resmi network academy cisco. Anda harus membuat akun terlebih dahulu yang tentunya gratis agar menu downloadnya muncul.

Sayangnya, semua konfigurasi yang sudah dibuat pada tool ini belum bisa diaplikasikan langsung (copy paste) ke perangkat cisco yang sesungguhnya. Terlepas dari hal itu, tool ini sudah cukup sempurna untuk sekedar melakukan pembelajaran secara simulasi.

Terus bagi saya seorang pemula, Bagaimana cara untuk menggunakannya? Anda tidak perlu khawatir, artikel ini dikhususkan untuk membahas mengenai tool ini dari dasar hingga membuat topologi jaringan sederhana.

Pengenalan menu cisco packet tracer tool

Menu toolbars pada cisco paket tracer tool, dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu Menu Bar, Main Toolbar, Right Toolbar dan Bottom Toolbar.

1. Menu Bar


Menu Bar adalah kumpulan menu-menu yang bisa digunakan untuk membuat simulasi pada aplikasi packet tracer tool ini. Menu Bar juga berfungsi untuk memunculkan toolbar lainnya. 

Menu yang terdapat pada bar ini antara lain menu File, Edit, Options, View, Tools, Extensions dan Help.

Menu Bar

2. Main Toolbar

Main Toolbar berada tepat dibawah menu bar. Main Toolbar terdiri dari icon-icon fungsi tertentu, yang sebenarnya pada menu bar fungsi tersebut juga sudah ada, serperti icon Copy dan Paste, Save, Undo dan Redo, icon New untuk membuat file kerja baru, icon untuk Zoom In, Zoom Out dan Reset Zoom.

Tool Bar ini dibuat untuk mempermudah dan mempercepat dalam melakukan copy paste dan fungsi-fungsi lainnya, agar tidak perlu lagi mencari pada menu bar.

Main Toolbar

3. Right Toolbar

Right Toolbar berada pada sisi kanan halaman kerja cisco packet tracer. Sama halnya seperti Main Toolbar, Right Toolbar juga berisi icon-icon yang fungsinya juga untuk mempermudah dalam melakukan sesuatu.

Right Toolbar berisi icon untuk mengirimkan paket Ping, membuat Background pada lembar kerja, menambahkan catatan (note), menghapus sesuatu pada lembar kerja.



Right Toolbar

4. Bottom Toolbar

Bottom Toolbar berisi jenis Device (perangkat) dan typenya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan saat melakukan simulasi jaringan.

Pada toolbar ini, terdapat 3 kolom yang perlu anda ketahui, yaitu kolom kelompok Device (Network Device, End Device dan yang liannya), kemudian setelah kelompok Device ada jenis Dvice dan terakhir Type dari jenis Device yang dipilih.


Bottom Toolbar


Keterangan :
  1. Kelompok Device
  2. Jenis Device
  3. Type Device

Contoh penggunaan Bottom Toolbar

Misalkan anda ingin menambahkan Router pada halam kerja, maka :
  • Pada kolom kelompok Device anda pilih Network Device
  • Pada kolom jenis Device anda pilih Router
  • Pada kolom Type Device anda pilih type router yang anda butuhkan, misal Router 4321

Contoh topologi sederhana simulasi menghubungkan beberapa komputer

Contoh Topologi Sederhana


Demikian pembahasan singkat mengenai menu yang ada pada cisco packet tracer, untuk selanjutnya sepengetahuan akan mulai membahas mengenai konfigurasi dan simulasi jaringan di cisco paket tracer tool, semoga bermanfaat.